- Rangkai seluruh komponen alat dan bahan yang diperlukan sesuai dengan kondisi percobaan yang dipilih.
- Buat program arduino pada aplikasi Arduino IDE sesuai dengan kondisi percobaan. Pastikan aplikasi Arduino IDE sudah mendownload library yang dibutuhkan dan sudah memilih board arduino yang sesuai.
- Verifikasi atau upload program pada arduino.
- Jalankan atau uji coba rangkaian yang telah dibuat, dengan memvariasikan keypad sesuai dengan kondisi.
- Perhatikan tampilan output pada LCD
- Rangkaian telah selesai dibuat.
2. Hardware dan Diagram Blok
[Kembali]
A. Hardware
B. Diagram Blok
A. Rangkaian Simulasi
B. Prinsip Kerja
Tentu, mari kita bahas proses penggunaan mikrokontroler Arduino, keypad, dan layar LCD dalam percobaan ini.
Inisialisasi dan Koneksi Perangkat:
- Pertama, kita menghubungkan mikrokontroler Arduino Uno ke keypad dan layar LCD sesuai dengan modul praktikum yang tersedia.
- Setelah koneksi fisik selesai, kita melakukan inisialisasi. Pada tahap ini, kita mengkonfigurasi pin yang terhubung ke keypad dan layar LCD. Selain itu, kita mungkin juga memulai komunikasi serial jika diperlukan.
Pemantauan Input dari Keypad:
- Mikrokontroler akan terus-menerus memantau input dari keypad.
- Setiap kali tombol pada keypad ditekan, mikrokontroler mendeteksi sinyal yang masuk dari pin yang terhubung ke keypad.
- Nilai dari tombol yang ditekan diekstraksi dan kemudian ditampilkan di layar LCD.
Prinsip Scanning pada Keypad:
- Keypad menggunakan prinsip scanning.
- Setiap tombol pada keypad dipindai baik dalam baris maupun kolom.
- Ketika tombol ditekan, mikrokontroler mengenali posisi tombol berdasarkan baris dan kolom yang dipindai terlebih dahulu.
- Dengan cara ini, angka yang muncul di layar LCD sesuai dengan posisi tombol yang ditekan.
Contoh Implementasi:
- Misalnya, kita menghubungkan keypad ke Arduino dengan menyambungkan pin keluaran untuk baris dan kolom secara berurutan.
- Saat salah satu tombol ditekan, tombol tersebut menghubungkan baris dan kolom tertentu dalam matriks keypad.
- Mikrokontroler kemudian memindai setiap baris secara bergantian untuk menemukan tombol yang ditekan, lalu memindai setiap kolom untuk mengetahui tombol mana yang ditekan dalam baris tersebut.
- Jika yang ditekan adalah tombol “1” pada keypad, maka pada layar LCD akan ditampilkan pesan “tombol = 1”.
A. Flowchart
B. Listing Program
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() {
// Setup serial monitor
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Get key value if pressed
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey) {
// Print key value to serial monitor
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
lcd.print(customKey);
}
}
Percobaan 4 Keypad dan LCD (sesuai dengan modul) :
Ketika tombol keypad ditekan, LCD akan menampilkan output sesuai dengan keypad yang ditekan tersebut
7. Download File
[Kembali]